Profil MI Roudlotussibyan Sampang

MI Roudlotussibyan Sampang

Profil MI Roudlotussibyan Sampang


1.      Profil Madrasah Ibtidaiyah Roudlotussibyan

a.       Nama Madrasah                                                            : MIS “Roudlotussibyan”

b.      Nomor Statistik                                                             : 111233210049

c.       Tanggal dan Tahun Berdiri                                           : 28  Maret 1984

d.      Alamat Lengkap                                                           :

1)      Dusun                                                                           : Ngrapah

2)      Desa                                                                             : Sampang

3)      Kecamatan                                                                  : Karang Tengah

4)      Kabupaten                                                                   : Demak

f.        Status  Madrasah                                                        : Swasta

g.       NPWP Madrasah                                                        : 00.597.829.1.504.000

h.       Nama Kepala Madrasah                                             : Hj.Rofikoh,S.Pd.I

i.           Kelompok Kerja Madrasah                                      : MI Islamiyah

j.          Akriditasi                                                                  : A Tahun 2010

k.      Kegiatan Belajar Mengajar                                          : Pagi Hari

l.           Bangunan Madrasah                                     : Milik Sendiri

m.     Status Tanah                                                               : Wakaf dan sudah bersertifikat

n.       Luas Tanah                                                                 : 1191 m2

o.      Luas Bangunan                                                           : 506 m2

p.      Lokasi Madrasah                                                         : Desa Sampang

q.      Jarak Kepusat Kecamatan                                          : 5 Km

r.        Jarak Ke pusat Otoda                                                  : 12 Km

s.       Terletak Pada Lintasan                                               : Desa Klitih dan Tangkis

J.       Organisasi Penyelenggara                                            : Yayasan “Roudlotussibyan”



2.      Letak Geografis

Madrasah Ibtidaiyah Roudlotussibyan secara geografis terletak di pusat jantung Desa  Sampang Kec. Karangtengah  Demak .  Lokasi ini cukup strategis karena berada di tengah-tengah Desa yang memang padat penduduk, sehingga sangat mudah dijangkau oleh siswa-siswinya. Desa  Sampang  Tersebut terletak 5 km dari pusat kantor Kecamatan Karangtengah barat laut, dan berjarak 19 km dari pusat kantor Kabupaten Demak. Luas area tanah yang ditempati Madrasah Ibtidaiyah  Roudlotussibyan Sampang  adalah 1.408 m2, di atas tanah seluas itu telah dibangun beberapa gedung yang meliputi:

Ø      Sebuah Gedung Taman Kanak-kanak

Ø      Dua unit Gedung Madrasah Ibtidaiyah

Ø      Sebuah Gedung Kantor Dewan guru

Ø      Sebuah Gedung Perpustakaan

Adapun mengenai batas-batas areal tanah Madrasah Ibtidaiyah Roudlotussibyan adalah:

Ø      Sebelah Utara berbatasan dengan tanah milik

Ø      Sebelah Selatan berbatasan dengan Rumah  penduduk



3.      Sejarah Berdiri dan Perkembangannya MI Roudlotussibyan

Berdasarkan sumber data, informasi dan dokumentasi yang tertulis, secara singkat dapat kami ceritakan sebagai berikut:

Pada tahun 70-an masyarakat  Sampang Kec. Karangtengah Demak merupakan masyarakat yang sangat tertinggal dengan tradisi yang cendrung sangat negatif. Hal ini akibat tidak adanya lembaga pendidikan yang dapat membina mereka. Melihat kondisi masyarakat yang seperti itu para sepuh atau tokoh masyarakat  Sampang Kec. Karangtengah Demak berinisiatif untuk mendirikan Lembaga Pendidikan sebagai wadah pembinaan mental sepiritual mereka. Oleh karena itu pada tanggal 23 Maret   1984 dibentuklah panitia pembangunan Madrasah dengan susunan sebagai panitia sebagai berikut: Ketua  KH.Toha. Wakil Ketua Selamet Shodiqon (Karrib). Penulis Baidi. Bendahara Abdul Muin. Pembantu/ Pengusaha Sahri,  Abdul Kholiq. Pembangunan Madrasah ini sangat singkat karena hanya menggunakan bahan yang sangat sederhana seperti papan kayu dan bambu.

Setelah bangunan Madrasah ini berdiri, kemudian diberi nama Madrasah Diniyah Roudlotussibyan yang berorientasi pada penguasaan Ilmu Agama saja. Namun karena kondisi Madrasah yang terlalu sempit dan tidak cukup untuk menampung jumlah murid yang semakin bertambah, maka pada waktu itu terpaksa sebagian  murid menempati amperan rumah dan mushallanya Pak Taha dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan fasilitas yang serba sederhana seperti daun kelapa yang dianyam dijadikan dinding pembatas dan alas tempat duduk. 

Setelah kurang lebih 15 tahun memakai dan bertahan dibangunan yang amat sederhana ini, maka pada tahun 1980 baru dapat membangun gedung Madrasah yang sederhana dan tempatnya dipindah ke utara Masjid Asy-Syuhada’. Akan tetapi ditempat yang baru ini Madrasah Diniyah Roudlotussibyan  Sampang Kec. Karangtengah Demak tidak bertahan lama karena lokasinya kurang luas dan kurang strategis. Disamping itu karena status tanah yang ditempati itu kurang jelas.



Seiring dengan tuntutan dan perkembangan zaman serta bertambahnya murid dan dukungan masyarakat yang begitu kuat, maka pada tahun 1987  Madrasah Diniyah Roudlotussibyan yang berorientasi pada pendalaman Agama Islam saja itu, diakreditasi menjadi Madrasah Ibtidaiyah Roudlotussibyan di bawah naungan Kantor Departemen Agama Kabupaten Bangkalan dengan berstatus Terdaftar dengan SK. Akriditasi No. Dd.0022593. Kurikulum yang dipakai adalah kurikulum yang diterapkan oleh pemerintah.

Visi dan Misi pun berubah yang dulunya Madrasah Diniyah Roudlotussibyan yang lebih berorientasi pada pendalaman agama Islam saja, sekarang Madrasah Ibtidaiyah Roudlotussibyan  lebih ditekankan pada peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT  ( IMTAQ ) serta mencetak manusia yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ).

Pada tahun 1993 Madrasah Ibtidaiyah Roudlotussibyan Lantek Barat, Galis Bangkalan diakreditasi ulang kembali, dengan nomor SK. Mm. 28/05.03/PP.01.1/ 610/ 1993. Akan tetapi karena pada waktu itu kondisi madrasah yang tidak ada perkembangan dan masih masuk sore hari, maka statusnya tetap Terdaftar.  Pada akhir tahun 2002 Madrasah Ibtidaiyah Roudlotussibyan diakreditasi ulang. Tetapi karena terbentur dengan peraturan pemerintah yang baru, akhirnya pengurus Madrasah tidak sampai mengetahui bagaimana hasil akreditasi ulang tersebut. Oleh karena itu, walaupun relatif baru diakriditasi, maka dipandang perlu untuk mengajukan akreditasi ulang kembali.

Sejak tahun 1987 sampai tahun 2004 MI Roudlotussibyan hanya bisa menjadi pelaksana (tidak bisa menjadi penyelenggara) Ujian Nasional dan selama itu juga penanda tangan ijazahnya oleh Ketua KKM. Kondisi ini yang memotifasi seluruh stake holders Madrasah untuk bekerja keras dalam melengkapi kekurangan-kekurangan, baik yang menyangkut sarana dan prasarana fisik maupun administrasi, maka pada tahun 2005 Madrasah Ibtidaiyah Roudlotussibyan memperoleh nilai akreditasi B (Baik) dengan nomor piagam B/Kw.13./MI/2223/2005 tertanggal 28 Desember 2005 yang berlaku sampai tanggal 28 Desember 2009. Sejak tahun 2005 itulah MI Roudlotussibyan baru bisa menjadi penyelenggara Ujian Nasional dan bisa menandatangi sendiri Ijazahnya.

Seiring dengan akan habisnya masa berlakunya akreditasi, maka pada akhir tahun 2009 MI Manbaul lum diakreditasi lagi oleh Badan Akreditasi Nasional dan Alhamdulillah berkat adanya peningkatan disegala bidang termasuk penyusunan sendiri kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) MI Roudlotussibyan dapat mempetahankan nilai akreditasi A nya yang berlaku sampai tahun pelajaran 2009/2010.

  Demikianlah sejarah singkat berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Roudlotussibyan  Sampang Kec. Karangtengah Demak . Semoga menjadi arahan untuk pengembangan di masa yang akan datang.

4.      Struktur Organisasi

Madrasah Ibtidaiyah Roudlotussibyan adalah merupakan salah satu unit pendidikan yang ada di Yayasan Roudlotussibyan. Oleh karena itu pengelolaan administrasi dan organisasi serta segala kebijakan yang berkenaan dengan maju mundurnya dan kebaikan-kebaikan Madrasah Ibtidaiyah Roudlotussibyan tergantung kepada ketentuan-ketentuan yayasan hal ini mengingat yayasan adalah pemegang kekuasaan tertinggi. Untuk lebih lengkapnya, struktur organisasi yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotussibyan periode 2011 / 2012 adalah sebagai berikut:

Tabel 3.1

STRUKTUR ORGANISASI MI ROUDLOTUSSIBYAN








STRUKTUR ORGANISASI MI ROUDLOTUSSIBYAN

SAMPANG KARANGTENGAH DEMAK 

TAHUN PELAJARAN 2016-2017

























 































 















KH.Toha















KETUA YAYASAN

































 















































Hj.Rofikoh,S.Pd.I















KEPALAMADRASAH















































 


 































Syodig,S.Pd.I


Khoerul Anam,S.Pd.I











SEKRETARIS


BENDAHARA











































 
 


 
 

































Ali As'adi,S.Pd.I
Fitrotul Ulya,S.Pd.I


M.Irkham,S.Pd.I
Maya Sofiani,S.Pd







BID. KURIKULUM
BID. ADMINISTRASI


BID. KESISWAAN
BID. Perpustakaan







































 
 
 


 
 
 























Syodig,S.Pd.I
Hj.Khafidhoh,S.Pd.I
Sukir,S.Pd.I


M.Irkham,S.Pd.I
Ali As'adi,S.Pd.I
Khoerul Anam,S.Pd.I



WALI KELAS 1
WALI KELAS 2
WALI KELAS 3


WALI KELAS 4
WALI KELAS 5
WALI KELAS 6
























DEWAN GURU







































 
 
 
 
 
 
 
 
 
















Hj.Rofikoh,S.Pd.I
Ali As'adi,S.Pd.I
Khoiriyah
Hj.Khafidhoh,S.Pd.I
Khoerul Anam,S.Pd.I
Sukir,S.Pd.I
Syodig,S.Pd.I
M.Irkham,S.Pd.I
Maya Sofiani,S.Pd




















5.      Struktur Komite Sekolah

MI Roudlotussibyan  Sampang Kec. Karangtengah Demak Galis Bangkalan juga mempunyai relasi yang membantu baik proses belajar mengajar maupun menjalin hubungan masyarakat sehingga antara kepala sekolah, guru, murid, wali murid dan tokoh masyarakat mempunyai hubungan yang sangat dekat, dalam hubungan ini disebut komite sekolah.

Tabel 3.2

Struktur Organisasi Komite Sekolah


Komentar